Newsticker.....................................................(Djakarta News)- Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Bandara Tersibuk di Dunia.....(antaranews.com)- Jakarta general election commission holds plenum to announce gubernatorial winner .....(thejakartaglobe.com)- Cibubur Underpass Opens.....(BBC News)- Flooding tests Jakartas Obama.....

Tuesday, November 2, 2010

Tempat Parkir Sepeda Sangat Dibutuhkan di Jakarta

/ On : 9:38 PM/ Thank you for visiting my simple blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please comment bellow.
Jakarta (Djakarta News)- Kemacetan di Jakarta terjadi saat jam-jam berangkat dan pulang kerja, ditambah cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini dengan hujan yang cukup lebat, membuat kemacetan semakin parah. Penyebab kemacetan sebenarnya begitu kompleks, dari membludaknya pemakai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, hingga kurang layaknya sarana transportasi umum massal. Tujuan utama yang harus dilakukan adalah peningkatan pelayanan transportasi massal yang aman, nyaman, murah, dan terintegrasi dengan kawasan strategis.

Salah satu kebutuhan pendukung transportasi massal yang sebenarnya sangat diperlukan di Jakarta adalah tersedianya lahan parkir untuk sepeda. Dengan adanya tempat-tempat parkir sepeda di tempat yang strategis seperti di terminal bus, stasiun kereta api, bandar udara, halte-halte bus, mal, pasar dan lain-lain, akan meningkatkan pengguna sarana transportasi massal. Contoh kecil, misalnya orang yang tinggal jauh dari jalan protokol, terminal,  stasiun, halte bus, atau rute transportasi massal, bisa menggunakan sepeda dengan tujuan ke sarana transportasi massal terdekat, dengan tidak harus menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. 






Seperti di Tokyo Jepang, untuk mengatasi massalah parkir sepeda, tempat parkir dengan sistem robot (robotic parking) telah diciptakan untuk memarkir sepeda secara cepat, aman dan efisien. Dengan populasi besar di Tokyo, ada ribuan orang yang naik sepeda untuk bekerja, ke stasiun kereta api karena sarana transportasi di Tokyo murah, praktis dan efisien. Karena terdapat begitu banyak sepeda di jalanan, ada peningkatan kebutuhan tempat parkir yang layak untuk sepeda .

Jika anda memikirkan kota yang penuh sepeda, pertama mungkin Amsterdam atau sebuah kota di Cina. Tapi Tokyo memiliki keunikan sendiri dengan jumlah pengendara sepeda yang besar. Dengan 90 persen komuter di Tokyo menggunakan kereta api , 30 persen diantaranya mengandalkan sepeda untuk mencapai tujuan akhir mereka. Begitu banyak sepeda, mulai menjadi massalh untuk menemukan tempat  parkirnya. Satu solusi yang aman, ramah lingkungan, robot tempat parkir telah ditemukan dengan sistem otomatis penyimpanan bawah tanah.


Memang, untuk pengendara sepeda di Tokyo, solusi ini tidaklah sederhana. Sistem ini menggunakan kartu keanggotaan yang biaya ¥ 2.600 (sekitar $ 29 atau € 21) per bulan, ada juga yang sekitar $ 18 sebulan. Tiap orang memiliki akses ke garasi parkir sepeda selama sebulan. Ketika mereka tiba di tempat parkir tersebut, mereka menempatkan sepeda mereka di tempat tertentu, gesek kartu magnetik anggota mereka, dan robot datang mengambil sepeda untuk disimpan selama satu hari (atau lebih).

Tangan robot datang menjemput sepeda dan menyimpannya di bawah tanah dengan ribuan sepeda lain. Biasanya berlangsung sekitar 10 detik untuk mengambil sepeda mereka ketika kembali. Ini adalah ciptaan yang indah yang sangat efisien  karena bawah tanah.








Untuk di Jakarta tidak usah terlalu muluk dulu, yang penting disediakan tempat parkir sepeda yang memadai walaupun sederhana, sambil memberikan solusi yang hebat untuk penumpang transportasi massal di Jakarta. Hal ini bisa membantu mempromosikan penggunaan sepeda sebagai pendukung terwujudnya sarana transportasi massal dengan menciptakan solusi yang praktis, murah dan mudah.

Source:
  • walyou.com
  • green.autoblog.com
  • break4fun.zarke.net

Related Post

2 comments:

Pierre said...

salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan dan polusi udara di jakarta, patut didukung :)

ikhsangouse said...

mantap..
keren abis informasinya.
kunjungi kami bagi anda yang inin melakukan paket bersepeda di Sumatra Barat
terima kasih

Post a Comment

Recent Posts

Jakarta (Djakarta News)- Kawasan Cibubur berkembang pesat terutama di seputar jalan Nasional alternatif Cibubur atau yang sering disebut Jalan Trans Yogie.
 
Jakarta (Djakarta News)- Sebelumnya terpetik kabar Metallica akan konser di Jakarta tahun ini. Memang benar! Akhirnya Metallica menjadwalkan konsernya pada tanggal 25 Agustus 2013
 
(Djakarta News)-DAMRI (Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia ) memiliki jaringan pelayanan tersebar hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia. DAMRI yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
 
Jakarta (Djakarta News)- Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di DKI Jakarta dimulai untuk pertama kalinya
 
Jakarta (Djakarta News)- Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Dubai International Airport masuk ke dalam daftar 10 besar
 

Followers

RECENT COMMENTS