Newsticker.....................................................(Djakarta News)- Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Bandara Tersibuk di Dunia.....(antaranews.com)- Jakarta general election commission holds plenum to announce gubernatorial winner .....(thejakartaglobe.com)- Cibubur Underpass Opens.....(BBC News)- Flooding tests Jakartas Obama.....

Thursday, November 12, 2009

Seandainya Ibukota RI Dipindah Dari Jakarta

/ On : 12:43 AM/ Thank you for visiting my simple blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please comment bellow.

Jakarta(Djakarta News)- Jakarta adalah Ibukota Republik Indonesia.Jakarta menjadi propinsi dan ditetapkan sebagai Daerah Khusus Ibukota Jakarta.Karena Jakarta menjadi ibukota, maka pemerintah pusat berada di Jakarta, demikian juga dengan kedutaan besar negara-negara sahabat.

Jakarta juga menjadi pusat bisnis nasional.Segala kegiatan perdagangan di tanah air banyak dipusatkan di Jakarta. Dengan demikian banyak orang dari penjuru tanah air datang ke Jakarta dengan berbagai kegiatan.Sehingga terjadi urbanisasi, dan banyak yang kemudian memutuskan untuk tinggal di Jakarta. Semakin lama Jakarta semakin bertambah penduduknya, dan berbagai masalah akhirnya timbul di Jakarta.

Pada masa perjuangan ibukota Jakarta pernah mengalami perpindahan yaitu ke Yogyakarta.Pada masa kini. sering muncul wacana untuk memindahkan ibukota RI dari Jakarta, karena Jakarta telah penuh sesak. Mungikinkah ibukota RI pada masa kini bisa dipindah? Untuk memindahkan ibukota negara memang membutuhkan anggaran yang besar, tetapi kerugian akan lebih besar jika Ibukota RI akan tetap seperti ini.

Apa yang akan terjadi dengan Jakarta seandainya ibukota RI benar-benar dipindah? Dan di manakah tempat yang paling tepat sebagai pengganti Jakarta sebagai Ibukota RI? Mungikin akan ada jawaban beragam yang  menarik.Seandaianya Ibukota Jakarta pindah, Jakarta akan menjadi lebih sepi, lebih tertib, lalulintas lebih lancar, kriminalitas berkurang, kesehatan masyarakat lebih baik,dan lain-lain yang jelas akan menjadi lebih positif untuk Jakarta. Untuk kepentingan yang lebih luas, pemerataan di Indonesia bisa lebih cepat.

Bagaimana dengan pendapat kalau tempat yang tepat sebagai pengganti Ibukota Jakarta adalah di Kalimantan atau di Papua?

Related Post

12 comments:

Anonymous said...

Kalimantan lebih tepat, karena pas di tengah2x...

pengamat said...

Jangan di Sumatra atau Jawa, karena daerah jalur gempa.

mobile phones said...

halah, pindah ke kalimantan juga daerah air...
abis jakarta kebanjiran masak pindah ke kota air ???

captain said...

setau captain emang Jakarta dh g layak jd ibukota, bahkan g layak untuk ditinggali klo liat kualitas linkungannya.tp klo musti dipindah dulu sdh ad wacana dari Soekarno klo mw k kalimantan,namun tidak mentup kemungkinan hanya berpindah ke sebuah daerah di Jawa Timur yg mendapat nama "alas Ketonggo".

Irfan said...

Saya sangat setuju untuk memindahkan ibukota dari di Jakarta ke kota lainnya di luar pulau Jawa; entah di Kalimantan atau di Papua. Saya kurang setuju jika dipindahkannya ke pulau Jawa lagi atau pulau Sumatera & Sulawesi. Alasannya karena Kalimantan & Papua memiliki luas area yang masih mencukupi, alamnya masih bagus, jauh dari padatnya penduduk & dari sisi kemiliteran & politik juga lebih mendukung.

Jika di pulau Sumatera atau Sulawesi, kondisi alamnya kurang mendukung, jumlah penduduknya sudah lumayan padat, merupakan daerah yang sudah lumayan maju (akan lebih baik jika memindahkan ibukota ke daerah yang belum begitu maju, agar daerah tersebut dapat berkembang di segala bidang), dan dari segi politik & militer agak kurang strategis.

Jika ibukota dipindahkan ke pulau Jawa lagi, sama saja bohong, karena tidak akan banyak pengaruhnya pada negara ini. Yang akan berkuasa ya orang-orang Jawa lagi & yang akan maju ya daerah-daerah di Jawa lagi ((maaf) orang Jawa tolong jangan serakah).

Jadi kesimpulannya, sebaiknya ibukota RI dipindahkan ke pulau Kalimantan atau Papua saja, tepatnya di Palangkaraya (Kalimantan) atau Jayapura & Wamena (Papua).

ndeso said...

Lebih setuju dipindah ke Papua! Pilihan kedua ke Palangkaraya, karena lebih menguntungkan dari segi geopolitik.

kurniawan said...

setuju banget tuh ibukota RI di pindah, baiknya di papua aja biar rame. Kan disana masih luas dan penduduknya sedikit, biar aparat pemerintah dan DPR juga bisa merasakan gimana rasanya tinggal di pedalaman dan pake koteka...??. kasihan kan Papua alamnya sangat kaya tapi rakyatnya belum bisa merasakan manisnya seperti di ibukota RI di jakarta.

Anonymous said...

sedih membaca komentar saudara2 ini
yang disampaikan hanya berupa asumsi saja
tidak menilai dari sisi objektif
saya jadi malas komentar

tp saya ada pertanyaan
bagaimana kalau tidak usah ibukota negara
tapi bagaimana kalau anda ingin pindah rumah
bisa tidak selesai dalam waktu dekat dan dengan mudah??
bisa tidak dengan biaya yang sedikit??
coba bayangkan
itu masih anda saja
bandingkan dengan ibu kota
saya rasa jika orang intelek akan mengerti tanpa harus saya lanjtkan lagi
terima kasih

Anonymous said...

setuju pindah ke Kalimantan sesuai harapan Bung Karno bapak bangsa ini

Taufikbumikon said...

pindah ke rumah saya aj

RastaManiaGirls: http://goo.gl/hUwz5T said...

Saya sedang blogwalking nih..
sekalian nitip dan ditunggu kunjugannya di blog saya
ttg tempat Wisata Lendir KOTA-KOTA di Indonesia:
--->KOTA JAKARTA
--->KOTA BANDUNG
--->KOTA BOGOR
--->KOTA SEMARANG
--->KOTA JOGJA
--->KOTA SOLO
--->KOTA SURABAYA
--->KOTA MALANG
--->KOTA BATU
--->KOTA KEDIRI
--->KOTA DENPASAR
--->KOTA BANJARMASIN
--->KOTA BALIKPAPAN
--->KOTA PONTIANAK
--->KOTA BONTANG
--->KOTA MEDAN
--->KOTA ACEH
--->KOTA PALEMBANG
--->KOTA LAMPUNG
--->KOTA BANTEN
--->KOTA MENADO
--->KOTA PALU
--->KOTA MAKASSAR
--->KOTA AMBON
--->KOTA MERAUKE
--->KOTA SORONG
--->KOTA KUPANG
--->KOTA BANYUWANGI
--->KABUPATEN GRESIK
--->KABUPATEN CIREBON
--->KABUPATEN SIDOARJO
--->KABUPATEN BADUNG
--->KABUPATEN JIMBARAN






















































ini linknya my bro and sist...
jgan lupa ya.. lsg ke bawah ini
--->KOTA-KOTA WISATA LENDIR DI INDONESIA









Pussy-ManiaGirls: http://goo.gl/w9Oepq said...

Saya sedang blogwalking nih..
sekalian nitip dan ditunggu kunjugannya di blog saya
ttg tempat Wisata Lendir KOTA-KOTA di Indonesia:
--->KOTA JAKARTA
--->KOTA BANDUNG
--->KOTA BOGOR
--->KOTA SEMARANG
--->KOTA JOGJA
--->KOTA SOLO
--->KOTA SURABAYA
--->KOTA MALANG
--->KOTA BATU
--->KOTA KEDIRI
--->KOTA DENPASAR
--->KOTA BANJARMASIN
--->KOTA BALIKPAPAN
--->KOTA PONTIANAK
--->KOTA BONTANG
--->KOTA MEDAN
--->KOTA ACEH
--->KOTA PALEMBANG
--->KOTA LAMPUNG
--->KOTA BANTEN
--->KOTA MENADO
--->KOTA PALU
--->KOTA MAKASSAR
--->KOTA AMBON
--->KOTA MERAUKE
--->KOTA SORONG
--->KOTA KUPANG
--->KOTA BANYUWANGI
--->KABUPATEN GRESIK
--->KABUPATEN CIREBON
--->KABUPATEN SIDOARJO
--->KABUPATEN BADUNG
--->KABUPATEN JIMBARAN






















































ini linknya my bro and sist...
jgan lupa ya.. lsg ke bawah ini
--->KOTA-KOTA WISATA LENDIR DI INDONESIA









Post a Comment

Recent Posts

Jakarta (Djakarta News)- Kawasan Cibubur berkembang pesat terutama di seputar jalan Nasional alternatif Cibubur atau yang sering disebut Jalan Trans Yogie.
 
Jakarta (Djakarta News)- Sebelumnya terpetik kabar Metallica akan konser di Jakarta tahun ini. Memang benar! Akhirnya Metallica menjadwalkan konsernya pada tanggal 25 Agustus 2013
 
(Djakarta News)-DAMRI (Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia ) memiliki jaringan pelayanan tersebar hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia. DAMRI yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
 
Jakarta (Djakarta News)- Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di DKI Jakarta dimulai untuk pertama kalinya
 
Jakarta (Djakarta News)- Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Dubai International Airport masuk ke dalam daftar 10 besar
 

Followers

RECENT COMMENTS