Newsticker.....................................................(Djakarta News)- Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Bandara Tersibuk di Dunia.....(antaranews.com)- Jakarta general election commission holds plenum to announce gubernatorial winner .....(thejakartaglobe.com)- Cibubur Underpass Opens.....(BBC News)- Flooding tests Jakartas Obama.....

Wednesday, February 17, 2010

Stasiun Gambir Berbenah

/ On : 12:04 AM/ Thank you for visiting my simple blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please comment bellow.
Jakarta(Djakarta News)-Sewaktu saya mau pergi ke Jogja hari Sabtu sore awal Februari 2010, saya berencana naik kereta api. Pada saat itu saya belum beli tiket, jadi pikir-pikir dulu mau naik KA eksekutif, bisnis, atau ekonomi. Trus saya berpikir mendingan berangkat naik KA ekonomi atau bisnis baru pulangnya ke Jakarta nanti naik KA eksekutif.

Sabtu sore pulang kerja saya langsung meluncur menuju stasiun Pasar Senen berencana beli tiket KA Progo jurusan Pasar senen – Lempuyangan Yogyakarta seharga Rp. 38.000 atau naik KA Sawunggalih jurusan Kutoarjo Rp.80.000 transit di Kutoarjo ganti KA Prameks menuju Jogja.

Dalam perjalanan menuju Pasar senen bingung juga motor mau diparkir di mana karena akan ditinggal selama 2 hari. Akhirnya saya putuskan untuk parkir di Stasiun Gambir saja. Sampai di tempat parkir,saya tanya ke petugas penjaga parkir, bisa ga parkir nginap? Trus dijawab, bisa, dua bulan juga boleh hehehe(sambil bergurau).

Parkir di stasiun Gambir 1 jam pertama Rp.1000, Rp.500 perjam berikutnya. Berarti kalau ditinggal 2 hari yah hitung sendiri deh, tapi yang jelas lebih murah daripada naik taksi. Kemudian setelah parkir, saya jalan kaki menuju halte busway stasiun Gambir untuk naik bus transjakarta menuju stasiun Pasar Senen.

Pulang dari Jogja hari Senin malam, saya naik KA eksekutif Taksaka dan sampai di stasiun Gambir hari Selasa pagi. Ternyata stasiun Gambir sudah mengalami banyak perubahan. Perubahan-perubahan yang saya rasakan yaitu:
-Kios-kios yang ada di lantai 2 seperti rumah makan, penjual minuman, penjual koran, majalah dan lain-lain sudah tidak ada. Di lantai 2 tersebut bersih, los, kosong.
-Tempat parkir taxi blue bird pindah tempat, dari tempat semula di sisi utara pindah di sisi barat.
-Tempat parkir motor memang sudah pindah waktu saya parkir hari sabtu sore, lebih dekat dengan halte busway.
-Dan mungkin ada perubahan lain yang saya ga tau.

Sepertinya stasiun Gambir mau dibuat layaknya stasiun berstandar Internasional yang terintegrasi langsung dengan sarana transportasi lain seperti, KRL, busway, taxi, bus bandara Soekarno Hatta, dan lain-lain untuk kemudahan dan kenyamanan penumpang.

Menurut PT KA Executive Vice President Daerah Operasi 1 Jakarta Mulianta Sinulingga, seperti dikutip detik.com, rencana pembenahan stasiun Gambir meliputi:
1. Hospitality.
2. Security.
3. Penataan Lay Out Tenant.
4. How Pup in and out.
5. penataan Taman.
6. Toilet bersih gratis.
7. Penataan parkir.
8. Estetika Sta.Gambir.
9. Stasiun Gambir yang lebih bersih dan bersahabat, bebas Gepengpeng (gelandangan, pengemis, pengamen).
10. Integrasi Shelter Busway dengan Stasiun.
11. Garrets Gate.

Jalan di depan Stasiun arah merdeka timur dipergunakan untuk Dropping Area, Vallet Parking, dan Parkir VIP. Di belakang stasiun di tata area parkir, area Taksi way, jalur khusus dan shelter Bis Bandara dan Bandar Lampung, diharapkan parkir di belakang lebih luas, lebih tertib, dan lebih nyaman.

Untuk di dalam Gedung Stasiun semua pintu dibuka lantai dasar dan lantai 1 sehingga Public Area lebih luas dan bebas bea peron.

Semoga pembenahan stasiun Gambir bisa terwujud dengan baik.

Foto: kfk.kompas.com



Related pots:
Kapan Busway Koridor IX Dan X Beroperasi?
Saran Untuk Bus Transjakarta






Related Post

3 comments:

noril said...

Stasiun lain harus dibenahi juga ya, seperti stasiun Pasar Senen dll.

dagger said...

alhamdullilah semoga lebih nyaman...lama merindukan fasum dijakarta semuanya nyaman..kapan ya???

YLwiHarsanto said...

@noril, memang seharusnya demikian.
@dagger, saya kira kalau pemerintah serius dan masyarakat ikut menjaga serta memelihara, bisa saja segera terwujud.

Post a Comment

Recent Posts

Jakarta (Djakarta News)- Kawasan Cibubur berkembang pesat terutama di seputar jalan Nasional alternatif Cibubur atau yang sering disebut Jalan Trans Yogie.
 
Jakarta (Djakarta News)- Sebelumnya terpetik kabar Metallica akan konser di Jakarta tahun ini. Memang benar! Akhirnya Metallica menjadwalkan konsernya pada tanggal 25 Agustus 2013
 
(Djakarta News)-DAMRI (Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia ) memiliki jaringan pelayanan tersebar hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia. DAMRI yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
 
Jakarta (Djakarta News)- Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di DKI Jakarta dimulai untuk pertama kalinya
 
Jakarta (Djakarta News)- Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Dubai International Airport masuk ke dalam daftar 10 besar
 

Followers

RECENT COMMENTS