Newsticker.....................................................(Djakarta News)- Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Bandara Tersibuk di Dunia.....(antaranews.com)- Jakarta general election commission holds plenum to announce gubernatorial winner .....(thejakartaglobe.com)- Cibubur Underpass Opens.....(BBC News)- Flooding tests Jakartas Obama.....

Saturday, September 4, 2010

10 Tips Mudik Aman dan Nyaman

/ On : 8:11 PM/ Thank you for visiting my simple blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please comment bellow.
(Djakarta News)- Bagi banyak kalangan terutama para pendatang yang bekerja dan tinggal bukan di tempat asal kelahirannya, mudik sudah menjadi rutinitas tahunan, bahkan bisa dikatakan sudah menjadi tradisi.

Di  Ibukota RI Jakarta misalnya, setiap tahun menjelang lebaran (Idul Fitri), berbondong-bondong berbagai macam kendaraan dari angkutan umum, mobil pribadi dan motor digunakan oleh pemudik untuk meninggalkan Jakarta menuju daerah asalnya masing-masing.

Begitu juga tahun ini, Lebaran 2010. Untuk itu persiapan fisik kendaraan dan kesehatan pemudik sangat penting untuk diperhatikan. Berikut adalah:

10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman

1.   Daftar Barang Bawaan
Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.
2.   Cek Kondisi Kendaraan
Pastikan kendaraan anda apakah mobil atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh.
3.   Cek Perlengkapan Kendaraan
      Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan anda tersedia.
4.   Bawalah Sparepart Cadangan    
Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan anda,
5.   Kotak P3K
Periksa kembali perlemgkapan isi kotak P3K anda. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kadaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain.
6.   Hiburan
Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin anda hindari dalam perjalanan mudik. Bawalah barang-barang yang sekiranya dapat menghibur anda dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan.
7.   Peta
Peta-peta yang dibuat khusus untuk mudik memuat sejumlah informasi yang dibutuhkan seperti pom bensin, bengkel, posko lebaran, dan kondisi jalan.
8.   Layanan Gratis Otomotif           
Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Jika anda mendapat masalah dengan kendaraan anda, carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.
9.   Baterai dan Pulsa
Pastikan baterai dan pulsa telepon selular anda dalam kondiai penuh. Jangan sampai terjadi dalam keadaan darurat telepon anda tidak bisa digunakan.
10. Kondisi Tubuh
Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar anda beristirahat setiap empat jam.

Semoga bermanfaat dan selamat sampai tujuan.
Selamat Idul Fitri 1431 H,  Minal Aidin Wal Faidin, Mohon Maaf Lahir & Batin


Source: Jasamarga


Related Post

1 comments:

Ekowisata Ujungkulon said...

Satu lagi yang tak boleh terlupakan: bawa uang, duit dan fulus secukupnya. Jangan lupa kartu ATM atau credit card anda ketinggalan.. betul gak boss?

Post a Comment

Recent Posts

Jakarta (Djakarta News)- Kawasan Cibubur berkembang pesat terutama di seputar jalan Nasional alternatif Cibubur atau yang sering disebut Jalan Trans Yogie.
 
Jakarta (Djakarta News)- Sebelumnya terpetik kabar Metallica akan konser di Jakarta tahun ini. Memang benar! Akhirnya Metallica menjadwalkan konsernya pada tanggal 25 Agustus 2013
 
(Djakarta News)-DAMRI (Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia ) memiliki jaringan pelayanan tersebar hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia. DAMRI yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
 
Jakarta (Djakarta News)- Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di DKI Jakarta dimulai untuk pertama kalinya
 
Jakarta (Djakarta News)- Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Dubai International Airport masuk ke dalam daftar 10 besar
 

Followers

RECENT COMMENTS