Newsticker.....................................................(Djakarta News)- Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Bandara Tersibuk di Dunia.....(antaranews.com)- Jakarta general election commission holds plenum to announce gubernatorial winner .....(thejakartaglobe.com)- Cibubur Underpass Opens.....(BBC News)- Flooding tests Jakartas Obama.....

Tuesday, May 17, 2011

Kenali Migrain Dan Cara Mengatasinya

/ On : 11:17 PM/ Thank you for visiting my simple blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please comment bellow.



Jakarta (Djakarta News)- Akan sangat menjengkelkan bila kita tiba-tiba terserang sakit kepala sebelah atau yang biasa kita kenal dengan sebutan migrain. Migrain memang sering menjadi masalah bagi banyak orang dan dapat menyerang kapan saja. 

Apalagi dengan kehidupan sosial di Jakarta, kita juga hidup dalam tekanan. Jakarta adalah kota yang penuh tekanan yang dihuni orang-orang stres! Kesibukan, rutinitas, persaingan hidup antar-individu, kemacetan, banjir, hingga ragam masalah sosial lain juga punya andil sebagai penyebab penyakit migrain

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Kenali Migrain Dan Cara Mengatasinya
Migrain adalah penyakit yang menyerang otak dan menyebabkan kepala menjadi terasa sakit akibat pelebaran pembuluh darah dan peradangan pada otak. Terkadang bukan hanya satu sisi kepala saja yang diserang, namun juga menyerang  kedua sisi kepala kita.

Bukan hanya menyerang secara fisik dengan rasa sakit di kepala tapi ternyata migrainpun dapat menyebabkan kesakitan secara emosi. Sebelum migrain menyerang kepala, si penderita akan mengalami gejala awal, seperti melihat benda menjadi lebih kecil, sensitive terhadap penglihatan dan suara, melihat cahaya berkedip-kedip atau yang biasa disebut berkunang-kunang, melihat bintik gelap, penglihatan seperti bergelombang, atau kesemutan pada tangan dan kaki. 

Sedangkan secara emosi, gejala yang terjadi biasanya penderita terlebih dahulu mengalami stres, rasa gelisah, dan mudah tersinggung. Namun, gejala ini tidak selalu pasti karena setiap penderita migrain bisa saja mengalami gejala yang berbeda beda.

Penyebab Migrain
Migrain mungkin sulit diobati namun kita dapat mencegahnya agar tidak menyerang. Pentingnya mengetahui penyebab migraine akan dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat migraine tersebut.

PENYEBAB MIGRAIN ANTARA LAIN:

Makanan dan Minuman
Kandungan yang terdapat di dalam minuman beralkohol atau minuman keras, seperti bir atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi sebaiknya dihindari. Cokelat, keju, atau makanan berpengawet juga merupakan penyebab timbulnya migraine.

Kelelahan
Melakukan aktifitas fisik yang berlebihan dan tidak seperti biasanya dapat memperbesar kemungkinan terkena migraine.

Pola tidur yang tidak teratur
Tidur yang tidak teratur pun dapat menjadi penyebab serangan migrain. Tidur yang terlalu sebentar atau terlalu lama dapat membuat anda mengalami migrain.

Perubahan cuaca
Cuaca dan juga tekanan udara yang selalu berubah juga dapat menjadi salah satu penyebab migrain.

Hormon estrogen
Fakta yang ada menyebutkan bahwa migrain lebih banyak diderita oleh wanita daripada pria. Hal tersebut dikarenakan wanita umumnya memilliki banyak hormon estrogen dan kadang tidak stabil yang dapat menyebabkan migrain. Perubahan hormone estrogen misalnya saat sebelum dan selama masa haid, selama masa kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi, atau jika sedang menjalani terapi hormon.

Stimulasi indra tubuh
Cahaya yang terlalu terang, bau yang sangat menyengat seperti bau parfume, bangkai, dan asap rokok atau suara yang terlalu keras juga menjadi salah satu faktornya.

Menghindari Migrain
Usahakanlah untuk selalu rileks, baik tubuh maupun pikiran. Kebanyakan penyebab migrain adalah karena pikiran yang berat. Untuk itu cobalah untuk tidur dengan tenang serta cukup, melakukan hobi, mendengarkan musik, hang-out bersama teman, atau aktifitas lainnya yang menyenangkan dan menenangkan pikiran.

Selain pikiran, fisik pun perlu dijaga agar selalu dalam keadaan fit. Berolahraga secara teratur memang sangat penting. Tidak usah berolahraga yang berat, senam, berjalan kaki, atau bersepeda juga dapat dilakukan agar tubuh kita tetap terjaga kesehatannya.

Jagalah pola tidur dengan teratur. Kualitas tidur yang baik akan sangat menunjang kesehatan dan mencegah migrain menyerang. Tidur 6-8 jam sehari akan sangat membantu memulihkan kondisi tubuh. Jangan lupa berkonsultasilah kepada dokter bila kita sedang menjalani terapi hormone. Karena tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa jadi penyebabnya.

Yang pasti, periksalah ke dokter bila migraine terus-menerus menyerang. Bisa saja kita mengalami penyakit lainnya dengan gejala serupa dengan migrain. Yang terpenting, mulai sekarang jalanilah pola hidup sehat dan hindari penyebab timbulnya migrain.



Source: BikersFreak Magazine

Related Post

3 comments:

lina@happy family said...

Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat....

obat asam urat said...

Assalamu'alaikum ohayou gozaimasu^^

obat asam urat said...

Assalamu'alaikum ohayou gozaimasu^^

Post a Comment

Recent Posts

Jakarta (Djakarta News)- Kawasan Cibubur berkembang pesat terutama di seputar jalan Nasional alternatif Cibubur atau yang sering disebut Jalan Trans Yogie.
 
Jakarta (Djakarta News)- Sebelumnya terpetik kabar Metallica akan konser di Jakarta tahun ini. Memang benar! Akhirnya Metallica menjadwalkan konsernya pada tanggal 25 Agustus 2013
 
(Djakarta News)-DAMRI (Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia ) memiliki jaringan pelayanan tersebar hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia. DAMRI yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
 
Jakarta (Djakarta News)- Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di DKI Jakarta dimulai untuk pertama kalinya
 
Jakarta (Djakarta News)- Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Dubai International Airport masuk ke dalam daftar 10 besar
 

Followers

RECENT COMMENTS